Artikel Kulkas (Refrigerator)

http://berandasenyum.files.wordpress.com/2010/01/how-to-repair-a-refrigerator-1.jpg
A.Suara bising pada kulkas 

Apabila di jumpai kulkas yang menimbulkan suara berisik hendaknya jangan di biarkan, kalu di biarkan berlarut2 di khawatirkan akan mempengaruhi unit lainnya sehingga malahn timbul masalah baru. suara berisik pada mesin pendingin kulkas bisa di sebabkan karena:
1. Pipa yang berhimpitan (antar pipa/pun dengan body kulkas) Pipa yang berhimpitan dengan cabinet/body kulkas bisa membuat suara berisik juga, hendaknya jarak pipa yang satu dengan yang lainnya jangan teralu dekat dan jika menempel dekat dengan body hendaknya di jauhkan.
2.Sekrup baut yang kendur Memeriksa semua baut atau sekrup yang terpasang bila ada yang kendur kencangakan karena skrup yang kendur pada body bisa menimbulkan suara berisik
3.lakukan pemeriksaaan Fan kulkas Mungkin ada kerusakan pada fan nya atau motor fan nya tidak berputar/berat untuk berputar.
4.kompresor mulai melemah Kompresor juga perlu di periksa sebab bisa juga kompresor yang sudah lemah syahwat menjadi berisik biasanya karena kurang oli yang mengakibatkan piston dan ring piston aus laama kelamaan bisa rusak tuh kompresor.

B.Cara Merawat kulkas 

Kulkas bin Lemari es yang hampir setiap orang memilikinya adalah benda yang wujudnya seperti lemari tetapi bisa dingin, ini di gunakan oleh sebagian orang untuk menyimpan sekaligus mendinginkan makanan, minuman, sayuran dll ataupun juga bisa mengawetkan makanan. Agar kulkas kita bisa awet dan bertahan lama tentulah perlu di lakukan kiat-kiat tersendiri dalam merawat kulkas seperti halnya dalam Perawatan AC, namun cara merawat kulkas di sini sangatlah mudah setiap orang pasti bisa dan sudah melakukannya, Hal ini pun sudah biasa di lakukan Nyonya di rumah jauh sebelum ane terjebak ke dalam dunia blogger *ha..ha..ha..* Nah teruss Bagaimana sichh cara merawat kulkas agar awet dan tahan lama..??barang kali aje ini tips and trick nya berguna buat yang punya kulkas, buat yang belum punya bisa bilangin sama tetangga yang punya kulkas...sampein yaa nih amanat lohh...!kudu di sampein kalo kaga yaa ora opo opo sihh Tips/Cara merawat kulkas
1. Peletakan kulkas jangan terlalu menempel pada dinding berilah jarak minimal 10-15 cm
2. Penempatan kulkas jangan di tempat yang terkena sinar matahari atau sumber panas lainnya letakan di tempat yang sejuk.
3. Masukan barang - barang secukupnya agar beban kerja kompresor tidak berat jangan memasukan barang terlalu berlebihan.
4. Hindari membuka pintu kulkas terlalu lama
5. Setting temperatur kulkas sesuai kebutuhan
6. Bersihkan kulkas secara rutin baik bagian dalam kulkas juga bagian luarnya, jangan membersihkan bunga es pada pada frezzer nya dengan benda tajam *cukup tekan tombol defroze saja* lama kelamaan es akan mencair (buat yang kulkas satu pintu).
7. Jangan menyimpan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas.
8. Pergunakanlah Start volt ataupun Auto Voltage Regulator untuk menjaga aliran listrik yang naik turun (karena dapat mengakibatkan kerusakan pada kompresor kulkas)
9. Bersihkan lubang saluran air pada kulkas (sering kali mampet) jadi banjir kulkasnya.
10. Matikan kulkas bila hendak di tinggal terlalu lama *Mudik lebaran/pulang kampung*
Semoga saja lemari es anda semua di jamin bakalan awet dan tahan lama seperti kulkas ane di rumah dari bujangan ampe udah kawin masih kepake juga tuhhh...! siapa tahu ada yang mau nambahin tentang cara merawat kulkas supaya awet dan tahan lama (TL)..?? Please atuhhh......! :)

C.Cara mengisi freon kulkas 

Dalam hal pengisian freon kulkas ini tidak sama pada pengisian freon air conditioner, pada saat pengisiian freon kulkas di perlukan ketelitian dan hati-hati karena pada sistem kukas ini terdapat pipa kapiler yang lebih kecil ukurannya dari pipa kapiler AC bila salah dalam pengisian freon kulkas bisa mengakibatkan kebuntuan freon pada pipa kulkas. nah bagaimana cara pengisian freon pada kulkas sesuai prosedur yang biasa di lakukan tukang service kulkas.
Alat alat yang di perlukan untuk mengisi freon kulkas
1. Siapkan freon kulkas R-134a atau MC 134 (produk MUSIcool)
2. Manifold gauge
3. Mesin Vakum
4. Methyl (cairan pembersih kulkas)
5. Mesin Las/ hicook tabung 6. Tang Amper Perlekapan untuk mengisi freon kulkas sudah siap tinggal prakteknya... 

1. Pasang selang manifold warna kuning pada mesin vakum dan selang manifold warna biru pada pentil kompresor kulkas. " kompresor yang akan di isi freon harus di vakum dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada proses pendingin nya karena bila tidak di vakum terlebih dahulu kulkas tidak bisa dingin dan kompresor akan cepat panas, lakukan pemakuman kompresor kulkas sama halnya dengan cara memvakum kompresor AC" 

2. Setelah prose pemvakuman pada kompresor selesai +30 menit dan penunjuk pada meter menunjuk di bawah 0 psi / -30psi kompresor sudah siap di isi freon kulkas, pasang selang manifold warna biru pada pentil kompresor *pipa pengisiian freon* dan selang warna kuning pada tabung freon kulkas.

3. Harap di perhatikan pada saat mengisi freon kulkas jangan terlalu membuka full kran manifold bukalah pelan-pelan dan sedikit demi sedikit *buka tutup kran* jangan melebihi batas 10 psi
4. Pada saat pengisiian berjalan sambil di check pada body kulkas rasakan kehangatannya pada sisi kulkas, bila sisi kulkas terlalu panas jangan di teruskan pengisiannya "STOP ", periksa kembali jalur pipa kapiler dan strainer. Bila sisi kulkas teransa hangat hangat kuku LANJUTKAN isi freonya, kulkas hangat pada sisi l;uar menandakan sirkulasi freon pada kulkas normal. 

5. Pasang tang amper meter pada kabel kompresor untuk melihat ampere nya sesuaikan amper meter seperti yang tertera di balik kulkas (name plat)ampere kulkas biasanya 0,5 hingga 0,9 ampere tergantung besar kecilnya kulkas. bila ampere kompresor sudah melewati batas standart berarti kompresor sudah lemah.

6. Bila freon kulkas sudah mencapai tekanan 10psi *dengan alat ukur freon* tutup kran pada tabung freon kulkas dan kran manifold gauge. Untuk memastikan apakah pengisisan freon ini berhasil matikan kulkas dulu dan perhatikan jarum pada manifold gauge. 

7. Jarum manifold gauge pada saat kulkas di matikan angka menunjuk pada angka 50 psi hingga 100 psi., berarti sirkulasi freon berjalan dengan baik namun bila jarum pada manifold tidak berubah (tetap pada angka 10 psi) berarti sirkulasi freon tidak normal, buang freon nya dan lakukan kembali dari awal. 

8. Setelah kulkas di matikan dan tekanan freon di lihat normal pada manifold gauge nyalakan kembali kulkas tapi ingat setelah 5 s/d 10 menit baru kulkas tersebut boleh di hidupkan. *aturan baku dari pabrikan kompresor kulkas* Sebelum kulkas di isi freon lakukan flushing terlebih dahulu setelah itu di vakum dan baru di lanjut isi freonya, Saat pengisian freon kulkas di butuhkan kesabaran dan rilex sambil nyeruput kopi dan menikmati hidangan yang di sajikan pemilik kulkas. Bila ada kesulitan dalam melakukan pengisian freon kulkas kami siap membantu anda.. "siap melayani 24 jam, Damai itu indah" kata Pak Pulisi *damai yang bagaimana nihh...??*

Baca juga Artikel yang dibawah ini...Atau Hubungi Suratno 02146591278 HP 081542174763 Untuk Service AC Anda..Terima Kasih



1 komentar:

Unknown 1 September 2015 pukul 20.38  

Wah makasih infonya, kemarin sempat ditawari pen jual display cooler itu sama kayak kulkas kan ya ? bedanya apa :o

Posting Komentar

Back to TOP